Selasa, 30 Oktober 2012

Syarat Berita




Tidaklah semua fakta peristiwa dan atau semua pendapat yang didapatkan layak dimuat dalam surat kabar atau majalah. Untuk itu perlu diadakan seleksi.
Syarat-syarat adalah sebagai berikut:
i.              Benar terjadi
Isi berita haruslah sesuatu yang berdasarkan fakta, bukan fakta yang dibuat-buat oleh si wartawan. Fakta dalam pengertian segala sesuatau yang benar-benar peristiwa atau kejadian. Jadi yang terlihat atau terdengar
ii.             Akltual
Jarak anatara terjadinya peristiwa ataupun suatau pendapat diucapkan dengan saat diturunkkannya berita itu, hendaklah secepatnya. Bila memungkinkan peristiwa hari ini, ditulis/disiarkan hari ini juga. Sebab apabila lewat beberapa hari saja, terutama berita peristiwa, nilai aktualitasnya sudah menjadi basi.
iii.            Lengkap
Kelengkapan bahan berita dari apa yang diberitakannya perlu dalam menyusun suatu berita, agar beritanya nanti lengkap dan pembacanya pun bisa mengetahui secara lengkap.
iv.           Apa adanya
Apa yang dilihat dan didengar, itulah yang ditulis oleh seorang wartawan. Berisi pemaparan dan penguraian peristiwa atau pendapat. Seorang wartawan tidak boleh menambahkannya, karena bertentangan dengan kode etik jurnalistik.
v.            Tersusun baik
Berita itu hendaklah tersusun dengan baik, sehingga menarik perhatian pembaca yang memudahkan mereka memahaminya secara benar. Kalimatnya tidak boleh bertele-tele.
vi.           Menarik
Berita yang disajikan haruslah berisi peristiwa atau pendapat yang memang menarik pehatian sebagian besar pembaca. Berita yang menarik itu biasanya sesuatau yang aneh, luar biasa, ataupun deduau yang belum pernah terjadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Open Panel

Blogroll

BVSDGVJSMVBSDBV